Wakil Bupati Asahan: PBB P2 Urat Nadi Sumber Pembiayaan Pembangunan

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi serahkan SPPT PBB-P2 tahun 2022 yang dilaksanakan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (23/3/2022).

topmetro.news – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi serahkan SPPT PBB-P2 tahun 2022 yang dilaksanakan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (23/3/2022).

Kepala Bappenda Asahan Drs Sorimuda Siregar menyampaikan, penyerahan SPPT dan DHKP PBB-P2 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

PBB P-2 merupakan salah satu urat nadi sumber pembiayaan pembangunan baik pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia dalam mewujudkan Visi Misi Pemkab Asahan sejahtera, religius, dan berkarakter.

“Untuk meningkatkan realisasi penerimaan PBB P2 diharapkan SPPT disampaikan kepada wajib pajak, sehingga wajib pajak dapat segera membayar pajaknya melalui Bank Sumut, Bappenda, Indomaret dan melalui aplikasi Gopay,” kata Sorimuda

Lebih lanjut, Sorimuda menyampaikan setiap tahun Bappenda berinovasi dalam memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk membayar pajaknya. Mulai tahun 2022 wajib pajak dapat membayar dengan menggunakan ‘badge barcode gris’.

Ia pun berterima kasih atas peran camat, kades, lurah, kolektor, kadus, dan kepling dalam mensukseskan PBB-P2.

“Saya berharap kita saling bersinergi dalam upaya meningkatkan penerimaan PBB P2 ini, agar aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” kata Sorimuda.

Sementara Taufik dalam sambutannya mengatakan pajak mempunyai peran yang penting dalam pelaksanaan pembangunan. Pajak merupakan sumber pendapatan daerah untuk membiayai belanja daerah yang salah satu dari PBB P2.

“Dengan diserahkannya SPPT PBB-P2 ini, saya meminta kepada camat, kepala desa, dan lurah untuk segera mendistribusikannya kepada wajib pajak dengan menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi,” katanya.

Kepada UPTD dan petugas penagih, Wakil Bupati Asahan meminta agar serius dalam penangihan, sehingga target yang telah ditentukan dapat terealisasi.

Taufik mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bappenda yang telah melakukan percepatan dan inovasi terhadap pelaksanaan sistem informasi manajemen PBB P2 dalam bentuk layanan secara online, penambahan tempat pembayaran melalui Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, linkaja, GoPay, UOB dan Bank BTN yang selama ini dapat diakses melalui aplikasi digital yang langsung terhubung ke aplikasi Bank Sumut dan Kantor Bapenda.

Kegiatan dirangkai penyerahan SPPT PBB-P2 tahun 2022, tunggul dan piagam penghargaan PBB-P2 tahun 2021 kepada kecamatan dan desa.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment